Jumat, 24 Januari 2014


Terjebak Di Dalam Lubang



Apakah Anda merasa tidak bahagia dengan pekerjaan Anda saat ini? Apakah Anda merasa tidak ada jalan keluar? Apakah Anda merasa ketakutan setiap Anda hendak berangkat kerja? Jika jawabannya ‘IYA’ terhadap seluruh pertanyaan tersebut maka dapat dipastikan Anda terjebak didalam sebuah lubang dan sekarang saatnya untuk Anda bergerak keluar.

Jutaan orang di dunia merasa terjebak dengan pekerjaan yang dijalaninya dan tidak memiliki jalan keluar. Kebanyakan dari mereka menjauhi mimpi yang mereka miliki dan menjalani hidup yang tidak mereka inginkan dengan tujuan bertahan hidup. Akan tetapi selalu ada jalan untuk memperbaiki karier dan pekerjaan Anda, selalu ada pilihan dan jalan lain, yang harus Anda lakukan adalah mencarinya.

Bagaimana Hal tersebut Dapat Terjadi
Terjebak dalam lubang mungkin tidak terjadi dalam satu hari, mungkin saja setelah bertahun-tahun bekerja Anda baru mulai merasa ketakutan setiap pagi. Satu contoh kasus yang dialami oleh David Lee, seorang Account Director sebuah perusahaan periklanan. Ia memulai kariernya sebagai seorang Account Executive, mengurus seluruh kampanye iklan untuk beberapa klien perusahaan sesuai dengan budget yang telah ditentukan.
Sebagai seorang eksekutif pekerjaannya penuh tekanan dan membutuhkan mobilitas yang tinggi, Ia harus bekerja dengan deadline yang tinggi dan sangat menikmati tekanan yang membuatnya terus bergerak. Ia sangat baik dengan pekerjaan yang dilakukannya dan beberapa kali mendapatkan promosi hingga mencapai posisi Account Director. Hal ini merupakan suatu hal yang tanpa disangka merubah pandangannya dan membuatnya merasa ketakutan setiap pagi.

David menjelaskan “Di posisi Inilah Saya berada saat ini, dengan gaji yang besar, tanggung jawab yang tinggi dan jabatan pada posisi yang terhormat, akan tetapi Saya merasa kesal setiap berangkat kerja dan mulai melihat hidup dengan kehampaan. Saya tidak lagi memiliki tujuan yang ingin dicapai di tempat Saya bekerja saat ini, karier Saya menanjak dengan cepat dan hidup menjadi kosong. Hasrat yang saya miliki telah pergi menjauh dan kini Saya merasa bosan dan tidak memiliki tujuan selanjutnya. “ David mulai merasa depresi dan mulai merasa muak hingga pada suatu pagi Ia menyadari bahwa Ia harus berhenti, Ia berangkat ke kantor dan berhenti, “Saya benar-benar sudah tidak tahan, Saya sudah kehilangan hasrat terhadap pekerjaan, Saya terjebak di dalam lubang dan Saya tahu bahwa Saya harus keluar.

David berlibur dan memikirkan langkah selanjutnya, Ia berjanji kepada dirinya sendiri bahwa Ia tidak akan pernah mengijinkan dirinya berada pada situasi yang sama dan walaupun untuk beberapa waktu Ia menjadi pengangguran Ia merasa bebas untuk bergerak dan kembali memiliki semangat hidup. Ia selalu menyukai olahraga air dan memutuskan untuk mencari pekerjaan di sebuah pusat olahraga air. Dalam waktu tiga minggu Ia berhasil bekerja sebagai asisten instruktur ski air dan dalam satu tahun Ia membantu menjalankan sekolah tersebut. Lima tahun kemudian Ia berhasil memiliki sekolah ski airnya sendiri dan merasa bebas untuk bergerak sesuai dengan kemauannya sendiri dan bekerja pada tempat yang membuatnya tenang dan bahagia.

Setiap pekerjaan memiliki nilai positif dan negatif, tidak ada pekerjaan yang sempurna dan terkadang Anda merasa terperangkap pada situasi yang membuat Anda merasa tidak dapat keluar. Akan tetapi, pengalaman David diatas merupakan sebuah gambaran bahwa pasti ada solusi untuk setiap permasalahan. Bertahan pada karier yang tidak membuat Anda bahagia merupakan sebuah hal yang tidak sehat, hal ini tidak baik untuk Anda maupun perusahaan. Bagi kebanyakan orang, mengambil tindakan meupakan sebuah hal yang menakutkan, akan tetapi tidak ada alasan bagi Anda untuk menghabisakan satu lagi hari tanpa kebahagiaan. Hidup terlalu singkat dan mengingat kita menghabiskan kebanyakan waktu untuk bekerja maka buatlah setiap hari Anda bahagia. Berpikirlah positif dan bersikap pro aktif, pikirkan apa yang membuat Anda bahagia dan pastikan setelah berhasil keluar dari lubang Anda tidak kembali terjebak ke lubang yang lain. Pikirkan dengan baik langkah Anda selanjutnya, pastikan langkah tersebut tepat dan kejar dengan sepenuh hati. Semoga Beruntung!

Sumber: jobstreet.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar